Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober

Mengeksplor Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Membuktikan Toerema Berdasarkan Gaya Kognitif

Aini, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan berpikir kritis mahasiswa calon guru matematika dalam membuktikan toerema berdasarkan gaya kognitif. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas PGRI Jombang. Instrumen penelitian adalah Tes GFFT, teorema dan pedoman wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator fokus FI memahami informasi dengan membaca pelan, membagi informasi teorema menjadi beberapa bagian dan mengembangkan informasi sesuai dengan pemikirannya. Sedangkan FD, memahami informasi dengan membaca secara keras dan informasi tidak dikembangkan; pada indikator Reason dan Inference, FD memberikan alasan tidak mendalam dan rinci, sedangkan FI tidak ; Indikator Situation, FI dan FD menggunakan semua informasi yang ada dalam pembuktian; pada indikator Clarity, FI lebih menjelaskan istilah lebih mendalam dan rinci, sedangkan FD tidak; pada indikator Overview, FI mengecek dari diawal prosesnya sampai pada hasil akhir kemudian menyimpulkan pembuktiannya benar. Sedangkan FD hanya melihat hasil akhir saja sama dengan yang diminta di awal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...