Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober

Pengaruh Media Pembelajaran Couple Numerasi Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang

Herninda, Amalia Revy (Unknown)
Setiawan, Rudi (Unknown)
Hartono, Ahmat Dwi (Unknown)
Irawan, Ghani Rafif (Unknown)
Rozak, Abd (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Couple Numerasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sejumlah 15 siswa dan kelas VIII B sejumlah 15 siswa yang membentuk kelompok baru dalam penelitian dengan teknik quota sampling. Metode pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest berjumlah 20 soal numerasi yang sudah tervalidasi oleh Tim Pusat Kampus Mengajar 7. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis Paired t Test. Berdasarkan data tabel hasil output SPSS.23 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 dengan = 0,05. Hal ini berarti bahwa nilai Sig sehingga diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan numerasi antara sebelum dengan sesudah perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran Couple Numerasi berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...