Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh elemen kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan internet fixed broadband Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disampaikan kepada 150 responden yang menggunakan layanan internet fixed broadband di Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier dengan menggunakan software SmartPLS 4 untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas sebagai unsur kualitas layanan, yaitu tangible, assurance, empathy, dan reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini berimplikasi bagi pelaku bisnis layanan internet fixed broadband untuk lebih memperhatikan aspek tangible, assurance, empathy, dan reliability untuk mengupayakan kepuasan pelanggan. Dengan kata lain, penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan praktis bagi penyelenggara layanan internet fixed broadband di Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanannya dengan memfokuskan pada aspek-aspek yang memengaruhi kepuasan pelanggan yang selanjutnya akan dijadikan dasar untuk penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan.
Copyrights © 2024