Karyawan merupakan sumber daya manusia yang perlu diberikan motivasi dalam bekerja, karena keberadaannya dapat mendukung perkembangan serta kemajauan perusahaan. Begitupun pada perusahaan Liveup Creative Photography, perusahaan ini melayani jasa dokumentasi seperti fotografi dan videografi untuk acara keluarga, maupun acara perusahaan. Karyawannya memiliki pekerjaan dengan target waktu dan memerlukan kreativitas dalam menghasilkan karya – karya foto maupun video yang tentunya disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Bukanlah hal mudah untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan agar memiliki loyalitas pada perusahaan, tentunya dibutuhkan upaya komunikasi internal. Berdasarkan pada paparan tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya komunikasi internal dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan di vendor Liveup Creative Photography? Penelitian ini menggunakan konsep program – program komunikasi internal dan motivasi kerja. Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data wawancara kepada pimpinan dan karyawan Liveup Creative Photography serta observasi dengan lengamati langsung kegiatan komunikasi internal di lokasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan di Liveup Creative Photography perlu untuk ditingkatkan motivasi kerja nya karena pekerjaan mereka memiliki pola yang berkaitan dengan keativitas dan target dari pelanggan yaitu hasil foto maupun video dokumentasi kegiatan yang sesuai dengan keinginan pelanggan tersebut, maka upaya komunikasi internal yang diterapkan yaitu melalui pemberian kegiatan pelatihan bagi karyawan, acara jalan – jalan bersama karyawan, penghargaan dan diskusi antara pimpinan dengan karyawan.
Copyrights © 2024