Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam
Vol 10, No 3 (2024): JIEI : Vol.10, No.3, 2024

Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahsiswa STAI Al-Yasini Pasuruan

Melinda, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan tentang apakah variabel gaya hidup, religiusitas, dan teman sebaya memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel penelitian dan hasil penelitian ini yaitu gambaran mengenai hubungan sebab-akibat. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dengan kuesioner dan didukung data sekunder wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup, religiusitas, dan teman sebaya secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Adapun variabel gaya hidup memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa nilai signifikansi 0.037 < 0.05. Variabel religiusitas memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Variabel teman sebaya memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, yang mana perilaku konsumsi mahasiswa dipengaruhi variabel gaya hidup, religiusitas dan teman sebaya. Peneliti memberikan saran dalam melakukan kegiatan konsumsi hendaknya kita memperhatikan faktor-faktor perilaku konsumsi sehingga kita dapat melakukan konsumsi sesuai kebutuhan tidak berlebihan dan rasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam diterbitkan 3 (tiga) kali setahun (Maret, Juli dan November) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STIE AAS ...