Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI KLINIK BUIN BATU MENGGUNAKAN METODE SEM PLS

Gracia, Michelle (Unknown)
Veronica, Venny (Unknown)
Justine, Stephanie (Unknown)
Feronica, Catherine Mathelda (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Klinik adalah sebuah fasilitas kesehatan yang dirancang untuk memberikan layanan kesehatan, termasuk pencegahan dan pengobatan penyakit. Untuk memastikan penyampaian layanan kesehatan yang efektif, fasilitas berkualitas tinggi sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kualitas layanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien di klinik, dengan menggunakan metode penelitian SEM PLS. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 390 pasien yang mengisi kuesioner di klinik Buin Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kualitas layanan maupun kepuasan pasien memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pasien. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien sebagai variabel mediasi.

Copyrights © 2024