bstractThis research aims to examine the effect of service product promotion on listener satisfactionof Radio Republik Indonesia (RRI) Bandar Lampung, which has the status of a PublicBroadcasting Institution in accordance with Law Number 32 of 2002. The main problem raisedis the low level of listener satisfaction. The research uses library and field methods, throughcollecting data from books, scientific works, interviews, and distributing questionnaires. Theresults of the analysis show that promotion has a significant influence on listener satisfactionwith a contribution of 93.57% (R² = 0.9357), while 6.43% is influenced by other factors. The Ftest and t test show that all promotional variables, such as advertising and sales promotions,have a positive effect on listener satisfaction.Keywords : RRI, Promotion, Products, Services, Satisfaction, ListenersAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh promosi produk layanan terhadap kepuasanpendengar Radio Republik Indonesia (RRI) Bandar Lampung, yang berstatus sebagai LembagaPenyiaran Publik sesuai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002. Permasalahan utama yangdiangkat adalah rendahnya tingkat kepuasan pendengar. Penelitian menggunakan metodekepustakaan dan lapangan, melalui pengumpulan data dari buku, karya ilmiah, wawancara, danpenyebaran kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruhsignifikan terhadap kepuasan pendengar dengan kontribusi sebesar 93,57% (R² = 0,9357),sementara 6,43% dipengaruhi faktor lain. Uji F dan uji t menunjukkan semua variabel promosi,seperti periklanan dan promosi penjualan, berpengaruh positif terhadap kepuasan pendengar.Kata Kunci: RRI, Promosi, Produk, Layanan, Kepuasan, Pendengar
Copyrights © 2025