Cakrawala Indonesia
Vol 9 No 2 (2024): Nopember-April

Representasi Pengalaman Tokoh dan Ideologi Pengarang dalam Kumpulan Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono (Kajian Fungsional Sistemik)

Mahfud, Mahmudah (Unknown)
Gabril, Agnes (Unknown)
Anshari, Anshari (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengungkap representasi pengalaman tokoh dan ideologi pengarang yang tercermin dalam kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua berdasarkan sistem transitivitas yang dominan digunakan di dalam cerpen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah tiga teks dalam Kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu teknik baca dan teknik catat. Peneliti mengidentifikasi klausa berdasarkan kriteria transitivitas, menganalisis setiap klausa, mengklasifikasikan klausa, menghitung persentase kemunculan proses, dan memberikan interpretasi hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi pengalaman didominasi oleh proses mental dan material, secara mental mengungkapkan makna pengalaman tokoh yang berhubungan dengan kesadaran seperti afeksi, kognisi, persepsi, keinginan, dan gagasan dan representasi secara material menerangkan makna pengalaman yang diperbuat maupun diterima oleh tokoh -tokoh di dalam cerpen yang berkaitan dengan aktivitas fisik dan ideologi Sapardi yang tercermin berdasarkan penggunaan verba mental dan material yaitu mengajak para pembaca untuk ikut serta melihat, membayangkan, memikirkan, dan merasakan pengalaman para tokoh di dalam cerpen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...