Jurnal Riset Sistem dan Teknologi Informasi
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Riset Sistem dan Teknologi Informasi (RESTIA) Vol. 2 No. 2

Studi Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kota Salatiga

Fitriyadi, Farid (Unknown)
Charolina, Astri (Unknown)
Retnoningsih, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Dalam kaitannya dengan efisiensi pelayanan publik, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) merupakan salah satu bentuk evaluasi. IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara simultan dan kontinu. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode Fuzzy Inference System, yang dapat membantu Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Salatiga dalam melakukan analisa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang telah dilaksanakan. Berdasarkan pengujian data yang telah diproses, hasil perhitungan manual adalah 75, dapat disimpulkan bahwa fuzzy logic metode mamdani dapat digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Salatiga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

restia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

theory and information science, information systems, information security, data processing and structure, programming and computing, software engineering, informatics, computer science, computer engineering, architecture and computer networks, robotics, parallel and distributed computing, operating ...