Jurnal Ekonomi : Journal of Economic
Vol 15, No 2 (2024): Jurnal Ekonomi : Journal of Economic

PERAN PENDIDIKAN KONSUMEN DALAM MENINGKATKAN KESADARAAN KONSUMEN

Imani, Ullayya Ishmah (Unknown)
Aulia, Farah Mitha (Unknown)
Dewi, Safa Amalia (Unknown)
Wardaya, Awwali Ibnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan konsumen dalam meningkatkan kesadaran konsumen. Penelitian ini sebuah pengkajian dan pengumpulan literatur yang relevan. Sumber-sumber literatur yang digunakan berasal dari sumber sekunder seperti jurnal, buku cetak dan digital, serta sumber-sumber lain yang masih relevan dengan topik penelitian. Sehingga dalam penelitian ini, menggunakan penulisan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan konsumen memegang peranan krusial dalam memberdayakan masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas, kritis, dan bertanggung jawab. Hal ini sejalan dengan pendapat para ahli dan berbagai organisasi yang menekankan pentingnya pendidikan konsumen. Berikut beberapa peran penting pendidikan konsumen dalam meningkatkan kesadaran konsumen: 1) Memahami Hak dan Kewajiban 2) Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan 3) Meningkatkan Kepercayaan Diri 4) Mendorong Partisipasi Aktif, serta 5) Mempromosikan Praktik Bisnis yang Bertanggung Jawab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Eko

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on Economic and Business manuscripts in the areas: - Marketing - Finance Management - Strategic Management - Operation Management - Human Resource Management - Financial and Accounting - Management ...