ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media massa terhadap isu populeritas Obama dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat dari tahun 2009 hingga 2013, dan pengaruh berita-berita yang dieksploitasi terhadap pendapat para aktivis mahasiswa di Makassar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui analisis data yang direduksi, dipresentasikan, dan disimpulkan yang diperoleh darin hasil interview. Para informan adalah para mahasiswa dari Universitas Hasanuddin, Universitas Muslem Indonesia, Universitas 45, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Unit analisisnya adalah berita-berita media massa tentang Obama dari pertengahan tahun 2008 sampai awal tahun 2009 dan tipe issu yang menyangkut tentang identitas ras Obama, latar belakang kehidupan Obama, Pandangan dunia Islam, dan masa anak-anak Obama di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberitaan media massa memiliki pengaruh yang signifikan meski dalam jumlah kecil kapan saja masyarakat memperoleh informasi secara kontinyu. Penelitian ini juga menemukan bahwa media massa memiliki pengaruh yang kuat terhadap pendapat para aktivis mahasiswa misalnyta dari televisi, internet, dan surat kabar. Dari aspek kategori sosial terhadap pendapat para aktivis mahasiswa cenderung sama terhadap pengaruh media.ABSTRACTThis research aims to find out the effect of mass media on the siginificant of issues of Obamaâs popularity in the US President election from 2009 to 2013 and the effect of news exploitation in the form of student activistâs opinion in Makassar. This research was descriptive qualitative study through analysis of data reductiuon, data presentation, and data conclusion obtained through interview. The informans were student from Hasanuddin University, Indonesian Moslem University, 45 University, Makassar State University, Alauddin State Islamic University of Makassar. The unit of analysis were mass media news on Obama from mid 2008 to early 2009 and types of issues on Obamaâs racial identity, Obama background, and Moslem world, Obamaâs childhood in Indonesia. The result show that mass media have a significant effect even in a small amount when the public was informed continually . It is also found that certain mass media give strong effect to student activistâs opinion such as television, internet, and newspaper. Then social categories in sama level in this case Makassar student activistâs tent to have similar response to media effect.Â
Copyrights © 2011