Abstrak Penelitian juga bertujuan untuk menggambarkan dan mengkaji tentang pemanfaatan e-journal dalam memenuhi kebutuhan informasi ilmiah di kalangan civitas akademik Universitas Hasanuddin. Fokus penelitian ini berorientasi pada analisis bentuk pemanfaatan e-journal, proses pemanfaatan e-journal, respons dan dampak yang timbul dari pemanfaatan e-journal, dan faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pemanfaatan e-journal dalam memenuhi kebutuhan informasi ilmiah di kalangan civitas akademik Universitas Hasanuddin. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Data bersumber dari 26 orang informan antara lain Dosen, Staf, Mahasiswa masing-masing 8 orang dan 2 orang petugas Perpustakaan yang membidangi layanan e-journal serta dokumen UPT Perpustakaan Unhas. Data hasil wawancara dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil observasi disajikan dalam bentuk gambar (foto). Data hasil studi kepustakaan disajikan dalam bentuk kutipan-kutipan untuk memperkuat temuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pemanfaatan e-journal oleh civitas akademik beragam karena dipengaruhi oleh orientasi tujuan dan manfaat yang berbeda-beda. Proses pemanfaatan e-journal dilakukan untuk memperoleh informasi ilmiah dengan mengikuti prosedur yang berlaku. Bagi civitas akademik, e-journal merupakan layanan yang sangat penting dan membantu dalam proses pendidikan. Pemanfaatan e-journal dikalangan civitas akademik sangat dipengaruhi oleh dua faktor utama meliputi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pihak UPT Perpustakaan dalam memberi pelayanan dan kekurangan-kekurangan yang masih ditemui dalam pemberian pelayanan pemanfaatan e-journal kepada civitas akademik.AbstractThis research aims to describe and examine the utilization of e-journal in meeting the needs of scientific information among the academics of Hasanuddin University. The focus of this research orients to analysis of the forms of e-journal utilization, the process of e-journal utilization, the responses and impacts arising from e- journal utilization, and the factors influencing the effectiveness of e-journal utilization in meeting the needs of scientific information among the academics of Hasanuddin University. In this study, data collecting is carried out through interviews, observation, and library studies. Data sourced from 26 informants i.e. 8 lecturers, 8 staff, 8 university students, and 2 librarians working for e-journal service as well as documents of UPT Perpustakaan Unhas. Result data of interview is analyzed by the reduction of data, the presentation of data, and the drawing of conclusion. Result data of observation is presented in images (photos). Result data of library studies is presented in quotations to affirm the research findings. The results of this research show that the form of e-journal utilization by academics is vary as it is influenced by the varied purpose and benefits. The process of e-journal utilization is done to obtain scientific information by following the procedures. For academics, e-journal is a very important service and helpful in educational process. The utilization of e-journal among the academics is strongly influenced by two main factors i.e. efforts that have been undertaken by UPT Perpustakaan in giving service and handling the flaws in service giving of e-journal utilization to academics.Â
Copyrights © 2013