PENA AKUATIKA : JURNAL ILMIAH PERIKANAN DAN KELAUTAN
Vol. 23 No. 2 (2024): PENA AKUATIKA JURNAL ILMIAH PERIKANAN DAN KELAUTAN

Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Amplang Rumput Laut di UMKM Dapur Karima Kalimantan Utara

Novitasari, Nanda (Unknown)
Saleha, Qoriah (Unknown)
Susilo, Heru (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik konsumen, menganalisis tingkat kepuasan konsumen, dan merumuskan rekomendasi yang tepat bagi UMKM Dapur Karima berdasarkan perilaku konsumen amplang rumput laut. Penelitian ini menggunakan teknik sampling bertahap dengan metode non probability sampling yang terdiri dari teknik accidental sampling dan  purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Data penelitian dianalisis secara statistik deskriptif menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian  menunjukkan bahwa konsumen amplang rumput laut Dapur Karima adalah laki-laki berusia 21-25 tahun dengan pendidikan terakhir SMA dan pekerjaan sebagai wirausaha yang memiliki pendapatan Rp. 1.000.000 – 2.000.000. Hasil analisis Customer Statisfaction Index (CSI) sebesar 81.32% dengan kriteria sangat puas. Hasil analisis importance Performance Analysis (IPA) adalah atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan yaitu pada atribut pelayanan. Strategi alternatif bagi UMKM Dapur Karima yang dapat direkomendasikan pada penelitian ini terdiri dari 4 bauran pemasaran yaitu Strategi produk; mempertahankan kualitas produk, memperhatikan kejelasan tulisan pada kemasan. Strategi harga; penetapan harga sesuai segmentasi pasar. Strategi tempat; memperbaruhi spanduk depan toko agar menarik minat konsumen untuk berbelanja dan meningkatkan kualitas pelayanan. Strategi promosi; menambah sarana promosi melalui media sosial dan mengikuti event kuliner lainnya.

Copyrights © 2024