Perencanaan bisnis yang baik dapat meningkatkan kinerja suatu bisnis sehingga dapat memberikan dampak positif dalam menghadapi persaingan bisnis yang kompetitif. Begitu juga dengan pengelolaan bisnis yang tidak direncanakan dengan baik dapat menjadi penyebab suatu bisnis tidak dapat bertahan lama (unsustainable). Masalah yang selalu menjadi temuan pada pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah minimnya kesadaran pelaku usaha tentang pentingnya perencanaan bisnis pada tahapan memulai bisnis. Masalah tersebut menjadi alasan dilakukannya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, yaitu untuk mendampingi pelaku usaha yang baru memulai bisnis untuk merencanakan pengelolaan bisnisnya agar dapat bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis. Metode yang digunakan yaitu pendampingan intensif selama 6 bulan. Hasil evaluasi dari kegiatan yang dilakukan selama 6 bulan menunjukan bahwa tahapan yang direncanakan dalam perencanaan PKM ini telah terealisasi dengan baik. Tahapan tersebut meliputi perumusan nama produk, perancangan desain kemasan, perhitungan harga pokok produksi untuk penetapan harga jual produk, analisis potensi pasar dan perencanaan strategi bisnis, penyusunan bisnis model canvas, penyusunan program kerja pengembangan, dan rekomendasi pengajuan label halal produk.
Copyrights © 2024