COMPETITIVENESS JOURNAL
Vol 5, No 2 (2016): COMPETITIVENESS

Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wajo Kota Makassar

Nurbaya, Sitti (Unknown)
HR, Agussalim (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wajo Kota Makassar.Penelitian telah dilaksanakan di Sekolah Dasar di Kecamatan Wajo Kota Makassar selama dua bulan, yaitu dari bulan April hingga bulan Mei 2016 dengan populasi berjumlah 168 orang dan sampel sebanyak 118 orang yang diambil dari sekolah yang tersebar di 13 sekolah yang merupakan objek penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan pengujian regresi berganda, dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas dari item-item pertanyaan setiap variabel serta uji asumsi klasik sebelum mendapatkan model penelitian yang terbaik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru sebesar 0,212 dengan nilai p = 0,026 0,05. Ini menunjukkan bahwa kompetensi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, koefisien pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 0, 269 dengan nilai p = 0,000 0,05. Ini menunjukkan bahwa disiplin kerja di sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, Koefisien pengaruh lingkungan sekolah terhadap kinerja sebesar 0,737 dengan nilai p = 0,002 0,05. Ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, dan Nilai beta yang paling tinggi adalah variabel lingkungan sekolah dengan nilai beta = 0,882, sehingga disimpulkan bahwa variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Kecamatan Wajo adalah variabel lingkungan sekolah.Kata Kunci : Kompetensi, Disiplin Kerja, Lingkungan Sekolah, dan Kinerja Guru

Copyrights © 2016