Profil Pelajar Pancasila sebagai kerangka pendidikan karakter di Indonesia berupaya menanamkan nilai-nilai kebangsaan, sementara religiusitas dapat memperkuat fondasi moral siswa. Keduanya dianggap mampu mendorong perilaku prososial, yaitu tindakan membantu dan peduli terhadap orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penguatan profil pelajar Pancasila dan religiusitas dengan perilaku prososial siswa, yang diharapkan dapat memperkaya pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan perilaku prososial positif di kalangan pelajar. Penelitian ini menggunakan populasi siswa SMPN 4 Tarogong Garut, dengan sampel yang dipilih melalui metode purposive sampling, menghasilkan 100 responden. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Penguatan profil pelajar Pancasila berpengaruh positif terhadap Perilaku prososial; b) Religiusitas berpengaruh positif terhadap perilaku prososial; c) Penguatan profil pelajar Pancasila dan Religiusitas secara Bersama berpengaruh terhadap Perilaku prososial. Kata Kunci: Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Religiusitas, Perilaku Prososial
Copyrights © 2024