Abstrak: Sampah plastik merupakan penyumbang ke dua jenis sampah terbanyak setelah sampah organik. Salah satu upaya selain pengurangan penggunaan plastik adalah dengan mengolahnya menjadi produk yang bernilai ekonomi. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan kemampuan hard skills dalam berinovasi mengolah limbah sampah plastik menjadi suatu produk bernilai tambah yang dapat dijual dan dipasarkan melalui platfor digital. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian terdiri dari dua jenis, yaitu: ceramah diskusi dan simulasi berupa pelatihan. Mitra yang menjadi sasaran pengabdian adalah kelompok masyarakat non-profit di yayasan sosial dengan jumlah peserta didik yang mengikuti kegiatan sebanyak 15 orang. Evaluasi tingkat keberhasilan pengabdian dilakukan dengan analisis hasil penyebaran kuesioner sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil analisis menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan persentase pengetahuan peserta didik dari 85% menjadi 99% dan peningkatan keuntungan nilai jual produk olahan limbah botol dari Rp. 0,4 menjadi Rp. 5.379,2. Berdasarkan data tersebut, kegiatan pengabdian memiliki dampak yang positif terhadap mitra dalam mencapai kemandirian ekonomi sesuai dengan SDGs chapter 8 dan 12.Abstract: Plastic waste ranks as the second largest contributor to overall waste, following organic waste. In addition to minimizing plastic consumption, another initiative is to convert it into products that hold economic value. Community service activities aim to enhance hard skills in innovating to transform plastic waste into a product with added value, suitable for sale and marketing through digital platforms. The community service initiative utilizes two primary approaches: presentation discussion and simulation or training. The community service initiative focuses on non-profit community organizations within social foundations, engaging a total of 15 participants in the activity. The success of the community service was assessed through an analysis of the results from questionnaires distributed prior to and following the activity. The analysis results indicated a rise in knowledge percentage from 85% to 99%, alongside an increase in the profit value of processed bottle waste products from IDR 0.4 to IDR 5,379.2. The data indicates that community service activities positively influence partners in attaining economic independence in line with SDGs chapters 8 and 12.
Copyrights © 2024