Abstrak: Kelompok Jamu Seruni Putih di dusun Sengon Karang, Bantul, Yogyakarta telah beroperasi selama 20 tahun. Kelompok yang saat ini beranggotakan 27 perempuan berusia di atas 50 tahun ini masih menghadapi stagnasi pasar di sekitar Sengon Karang dengan menjual jamu secara langsung menggunakan sepeda onthel atau motor. Tim Pengabdian Masyarakat FE UMBY menggagas kegiatan pelatihan melalui ceramah, FGD, dan praktik untuk meningkatkan softskill pemasaran untuk Kelompok Jamu Seruni Putih dengan target luaran memperluas jangkauan pasar jamu mereka. Pelatihan disampaikan kepada 21 anggota Jamu Seruni Putih dengan tujuan agar mempunyai strategi pemasaran untuk menjangkau pasar di luar Sengon Karang. Evaluasi dilakukan melalui wawancara dan angket dengan 5 pertanyaan yang dianalisis secara sederhana. Terjadi peningkatan ketrampilan sebesar 55% dan jangkauan pasar 89,47% yaitu proposal penawaran disampaikan ke lembaga-lembaga potensial dengan strategi produk by order ke perkantoran, event organizer, catering, dll; b to b dengan sistem makloon, dan pengenalan merek melalui konsinyasi ke toko-toko oleh-oleh.Abstract: The Jamu Seruni Putih group in Sengon Karang, Bantul, Yogyakarta has been operating for 20 years. The group, which currently consists of 27 women aged over 50, is still dealing with market stagnation around Sengon Karang by selling herbal medicine directly using bicycles or motorbikes. The UMBY FE Community Service Team initiated training activities through lectures, FGDs and practice to improve their marketing soft skills. The output target is expanding their herbal market reach. Training was delivered to 21 members of Jamu Seruni Putih with the aim of having a marketing strategy to reach markets outside Sengon Karang. Evaluation is carried out through interviews and questionnaires with 5 questions explained in simple terms. There was an increase in skills of 55% and market reach of 89.47%, namely offering proposals were submitted to potential institutions with a product by order strategy to offices, event organizers, catering, etc.; b to b with a makloon system, and brand recognition through consignment to gift shops.
Copyrights © 2024