Unilib: Jurnal Perpustakaan
Vol. 15 No. 2 2024

Kompetensi Pustakawan Dalam Menciptakan Pelayanan Prima Di Perpustakaan

Baihaqy, Ali Akbar (Unknown)
Ani Masruri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Perpustakaan dikatakan sebagai lembaga yang berfokus pada penyediaan informasi harus terus berkembang sejalan dengan perkembangan zaman dan semakin beragamnya jenis informasi yang dibutuhkan pemustaka. Sebagai upaya menyikapi hal tersebut, pengelolaan perpustakaan harus dilakukan oleh pustakawan yang mempunyai kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan serta bersikap professional agar pelayanan prima di perpustakaan dapat tercipta. Pelayanan prima menjadi penentu dalam tercapainya kebutuhan pemustaka. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi seperti apa yang harus dimiliki pustakawan untuk menciptakan pelayanan yang prima di perpustakaan. Pelayanan prima dapat terwujud dengan keterampilan yang spesifik, seperti kemampuan melakukan manajemen pekerjaan, kemampuan untuk mengantisipasi segala kemungkinan, kemampuan dalam mengelola suasana kerja dan kemampuan untuk beradaptasi dengan ilmu pengetahuan yang ada kedalam kondisi yang baru. Pustakawan juga diharapkan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara professional serta berkualitas sehingga dapat menyediakan pelayanan prima di perpustakaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

unilib

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi ...