Pendidikan adalah salah satu pondasi yang wajib ditempuh dan dilakukan oleh seorang manusia dalam hdiupnya. Dalam keberlangsungan pendidikan, kurikulum dibutuhkan untuk merepresentasikan visi dan misi yang diusung dalam pendidikan tersebut. Salah satu kurikulum yang saat ini dan sedang digunakan oleh berbegai sekolah di Indonesia dalah kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka sesuai dengan namanya merupakan satu set perangkat pendidikan yang memberikan kebebasan kepada pendidik dan peserta didik untuk mengekspresikan ide, metode, tata cara, proses mempelajari sebuah bidang studi tertentu. Kurikulum merdeka memberikan ruang gerak yang tiada batas kepada pendidik dan peserta didik, asalkan gerak-gerik tersebut terarah dan berdampak positif. Perlunya aktualisasi kurikulum merdeka kepada semua lembaga pendidikan akan menambah pengetahuan, kematangan pemahaman, dan kesiapan masing-masing lembaga pendidikan untuk mengimplemntasikan kurikulum merdeka tersebut. Aktualisasi adalah proses individu untuk mengembangkan potensi diri secara maksimal untuk mencapai tujuan hidup yang bermakna. Tulisan ini memaparkan proses aktualisasi yang dilakukan oleh para pendidik terhadap pendidik lain, khususnya di dalam aktivititas pengabdian masyarakat yang secara spesifik dilakukan di SMP Tanwirul Sidoarjo. Persamaan persepsi dan persamaan pengetahuan terhadap kurikulum merdeka akan mengembangkan kemampuan aktualisasi di SMP Tanwirul Sidoarjo. Semakin besar kemampuan aktualisasi yang dimiliki oleh seorang pendidik maka akan semakin besar pula kemampuan peserta didik di dalam memahami pembelajaran yang disajikan pendidik dengan menggunakan konsep yang diusung oleh kurikulum merdeka.
Copyrights © 2025