Abstract: Penggunaan teknologi dalam layanan publik menjadi semakin penting seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini juga dialami oleh desa Selorejo, Kab. Malang, Jawa Timur. Belum adanya penerapan teknologi mengakibatkan permasalahan di bidang pelayanan publik yaitu kurang efektif dan efisiennya proses administrasi desa dikarenakan pencatatan, penerimaan dan pengeluaran surat menyurat masih manual. Sehingga kebutuhan akan sistem administrasi desa yang berbasis teknologi sangat dibutuhkan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi masalah dalam pelayanan sistem administrasi di desa Selorejo melalui penyediaan aplikasi komputer berupa sistem informasi dalam mendukung pelayanan administrasi desa Selorejo agar lebih efektif dan efisien. serta penyajian pelaporan yang akurat. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan sistem informasi Administrasi desa yang berupa aplikasi berbasis web dengan alamat www.saeningselorejo.id. Aplikasi ini diperuntukkan untuk memudahkan administrator/perangkat desa dalam memanajemen dan mencetak surat yang dibutuhkan oleh penduduk desanya. Di dalam aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk memanajemen data kependudukan yang digunakan sebagai data master aplikasinya, merupakan kemajuan dari kondisi sebelumnya dengan data kependudukan yang masih manual. Sehingga melalui kegiatan pengabdian yang menghasilkan sistem informasi desa ini diharapkan dapat membantu pemerintah desa Selorejo memberikan layanan kependudukan secara cepat dan tepat, serta membantu memproses berbagai kegiatan administrasi surat menyurat, dan kegiatan rutin administratif lainnya di masa mendatang.
Copyrights © 2024