YUME : Journal of Management
Vol 7, No 3 (2024)

Analisis Pengaruh Efektivitas Program Literasi Produk, Diskon dan Reward terhadap Peningkatan Kualitas Omzet Produk Penjualan Non Gadai pada PT. Pegadaian Area Bantaeng

Suryady, Dedy (Unknown)
Daga, Rosnaini (Unknown)
Samad, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efektivitas program literasi produk, diskon, dan reward terhadap peningkatan kualitas omzet produk penjualan non-gadai di PT. Pegadaian Area Bantaeng. Dengan adanya persaingan di sektor jasa keuangan, Pegadaian perlu mengembangkan strategi yang tidak hanya menarik nasabah tetapi juga meningkatkan omzet penjualan non-gadai. Program literasi produk bertujuan meningkatkan pemahaman konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Sementara itu, pemberian diskon dan reward merupakan upaya insentif untuk meningkatkan daya tarik produk non-gadai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi untuk mengukur hubungan antara variabel-variabel tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada nasabah PT. Pegadaian Area Bantaeng yang menggunakan produk non-gadai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel—literasi produk, diskon, dan reward—berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas omzet penjualan produk non-gadai. Dari ketiga variabel tersebut, diskon memiliki pengaruh yang paling dominan dalam meningkatkan omzet. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi PT. Pegadaian dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan omzet produk non-gadai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...