Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi, karakteristik individu dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru di pondok pesantren muhammadiyah boarding school Enrekang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di pondok pesantren muhammadiyah boarding school Enrekang sebanyak 40 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan total sampling sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 sampel. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara menyebar kuesioner terhadap objek penelitian. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dan analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di pondok pesantren muhammadiyah boarding school Enrekang, 2) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di pondok pesantren muhammadiyah boarding school Enrekang, 3) karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di pondok pesantren muhammadiyah boarding school Enrekang, 4) kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di pondok pesantren muhammadiyah boarding school Enrekang, 5) kepemimpinan, motivasi, karakteristik individu dan kompetensi pedagogik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di pondok pesantren muhammadiyah boarding school Enrekang.Kata kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Karakteristik Individu, Kompetensi dan Kinerja Guru
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024