YUME : Journal of Management
Vol 8, No 1.1

Pengaruh Influencer Terhadap Niat Membeli Produk Dengan Materialime dan Fear Of Missing Out (FOMO) Sebagai Variabel Mediasi

Rahma, Ghina Aulia (Unknown)
Kuswati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Era digital memudahkan seseorang untuk berinteraksi secara online, seperti influencer dengan pengikut di media sosial. Influencer yang baik mampu membantu bisnis dalam mendukung strategi pemasaran. Peran influencer merupakan salah satu aspek gaya hidup FOMO dan materialisme di masyarakat. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh influencer dengan gaya hidup FOMO dan materialisme terhadap niat untuk membeli produk endorsement. Penelitian ini menjelaskan perilaku influencer terkait pembelian produk yang mendukung fenomena gaya hidup di era digital. Metodologi yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling sehingga ukuran sampel sebanyak 120 responden. Pengujian instrumen meliputi uji validitas dan reabilitas yang mengkonfirmasi hasil penelitian yang valid dan reliabel. Temuan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa influencer dan gaya hidup FOMO secara signifikan mempengaruhi niat untuk membeli produk endorsement. Temuan ini menyiratkan bahwa generasi muda saat ini bijak dalam membuat keputusan pembelian produk dan lebih mementingkan kebutuhan daripada keinginan. Bagi pemasar, temuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dan mengetahui gaya hidup masyarakat, terutama perilaku FOMO dan materialisme di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...