Di era digital yang terus maju, pendidikan mengalami perubahan besar dengan mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk integrasi tersebut adalah penggunaan E-portofolio berbasis web, yang memungkinkan siswa untuk menyimpan karya secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi E-portofolio siswa berbasis website yang dapat membantu siswa SMK dalam membuat dan menyajikan portofolio mereka secara digital. Metode penelitian ini menggunakan metode Waterfall, hal ini dikarenakan salah satu metode pengembangan sistem yang paling tua dan paling terstruktur. Sementara pengujian sistemnya menggunakan metode Black Box Testing dipilih untuk menguji sistem secara menyeluruh tanpa perlu memperhatikan detail kode internal. Dari hasil pengujian, meskipun terdapat beberapa kegagalan terutama pada fitur cetak PDF dan verifikasi karya siswa, aplikasi ini menunjukkan kehandalan dengan rata-rata persentase keberhasilan sebesar 95.56%, kontribusi peneletian ini memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, mempermudah evaluasi oleh guru, dan menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut di masa depan.
Copyrights © 2024