Deteksi dini gangguan perkembangan anak merupakan langkah penting dalam memastikan intervensi tepat waktu yang dapat membantu anak mencapai potensi maksimal mereka. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis teknologi yang dapat digunakan oleh guru dan orang tua di SD NO. 033912 Hutagambir untuk mendeteksi dini gangguan perkembangan anak. Aplikasi ini dirancang untuk mengidentifikasi potensi masalah perkembangan dalam berbagai aspek, termasuk motorik, kognitif, bahasa, dan sosial-emosional. Metodologi yang digunakan dalam pengabdian ini melibatkan analisis kebutuhan, desain sistem, pengembangan aplikasi, serta uji coba dan evaluasi. Proses pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan pendekatan berbasis website, dengan mempertimbangkan kemudahan penggunaan dan aksesibilitas bagi pengguna yang memiliki latar belakang teknologi yang bervariasi. Data yang digunakan dalam uji coba aplikasi berasal dari hasil pengamatan dan evaluasi perkembangan siswa oleh guru dan orang tua, yang kemudian dianalisis untuk menilai keakuratan dan efektivitas aplikasi dalam mendeteksi gangguan perkembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu memberikan indikasi awal tentang potensi gangguan perkembangan pada anak-anak dengan tingkat akurasi yang memadai. Uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan oleh guru dan orang tua, serta dapat membantu dalam pengambilan keputusan lebih lanjut terkait intervensi yang diperlukan. Dengan implementasi aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan deteksi dini gangguan perkembangan anak di lingkungan sekolah dasar, sehingga intervensi dapat dilakukan lebih awal dan lebih efektif
Copyrights © 2024