Penelitian ini menganalisis efektivitas penggunaan musik sebagai alat untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris di kalangan siswa di Mahad al Irsyad Lil Banat Junior High School. Studi ini melibatkan 60 siswa, terdiri dari 29 siswa kelas tujuh dan 31 siswa kelas delapan. Melalui metode yang dikenal sebagai pembelajaran lirik, siswa terlibat dengan lirik bahasa Inggris untuk meningkatkan akuisisi kosa kata mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam retensi dan penggunaan kosa kata siswa, yang menunjukkan bahwa mengintegrasikan musik ke dalam pembelajaran bahasa dapat menciptakan pengalaman pendidikan yang lebih menarik dan efektif. Temuan ini menyarankan bahwa menggabungkan elemen musik ke dalam pengajaran bahasa Inggris tidak hanya meningkatkan keterampilan kosa kata tetapi juga mendorong lingkungan belajar yang positif. Penelitian ini berkontribusi pada bukti yang semakin berkembang mendukung penggunaan metode kreatif dalam pendidikan bahasa, menyoroti potensi musik sebagai sumber yang berharga bagi guru yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa di kalangan siswa sekolah menengah pertama.
Copyrights © 2024