Penggunaan media sosial YouTube secara terarah melalui konten edukasi memiliki potensi untuk meningkatkan kosakata, pemahaman bahasa, dan keterampilan komunikasi anak usia dini. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan video cerita rakyat sebagai alat pembelajaran di PAUD ASTER 36, bertujuan untuk memperkaya kosakata bahasa Indonesia anak. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah action research yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kosakata anak, dengan 83,82% siswa mencapai indikator pencapaian yang ditetapkan. Selain itu, antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan sangat tinggi, didukung oleh umpan balik positif dari guru dan orang tua. Kendala teknis seperti koneksi internet dapat diatasi dengan solusi yang tepat. Penelitian ini merekomendasikan penambahan variasi konten dan media pembelajaran lainnya untuk mendukung keberlanjutan program di masa depan. Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan kemampuan berbahasa yang baik dan benar di kalangan anak usia dini. Simpulan dari kegiatan ini tidak hanya berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan, tetapi juga memberikan fondasi yang kuat bagi pengembangan bahasa anak-anak, mengintegrasikan pembelajaran yang holistik, interaktif, dan menyenangkan melalui media video. Ke depannya, keberlanjutan kegiatan ini diharapkan dapat terus dilakukan guna meningkatkan kemampuan bahasa anak secara berkelanjutan dan lebih efektif.
Copyrights © 2024