Sekolah di Kota Palu dan Kab. Sigi telah menerapkan Kurikulum Merdeka sehingga perlu memperhatikan persiapan yang dilakukan agar implementasi kurikulum berjalan dengan semestinya terutama dalam menyusun modul ajar berbasis TaRL (teaching at the right level). Namun ditemukan beberapa kesulitan guru yang dirangkum berdasarkan hasil observasi pada guru kimia dan penelusuran hasil penelitian diantaranya: Belum memahami penerapan konsep TaRL, kurangnya kemampuan mengintegrasikan konten kimia dan TaRL dalam menyusun modul ajar, belum menguasai teknik pembuatan modul ajar yang baik dan benar dan kurangnya pelatihan dan dukungan sumberdaya dalam menyusun modul ajar berbasis TaRL. Oleh karena itu dilaksanakan pelatihan penyusunan modul ajar berbasis TaRL dengan tujuan memberikan pengetahuan dan melatih kemampuan guru kimia di Kota Palu dan Kab Sigi dalam menyusun modul ajar berbasis TaRL. Sebelum pelatihan, nilai rata-rata pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar berbasis TaRL adalah 48,86. Setelah pelatihan, diketahui kemampuan guru meningkat menjadi 87,43. Respon peserta terhadap pelaksanaan pelatihan dalam aspek materi, metode, media, dan instruktur pelatihan termasuk pada kategori sangat baik dengan hasil penilaian rata-rata sebesar 95. Produk yang dihasilkan pada pelatihan ini sebanyak 5 modul ajar berbasis TaRL.
Copyrights © 2024