Di era digital saat ini, masih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para UMKM terutama dalam hal pemasaran produk. Pendampingan pembuatan toko online ini menjadi salah satu solusi bagi para UMKM dalam memasarkan produk olahannya. Pemasaran digital sangat membantu para UMKM dalam meningkatkan penjualannya, dapat menjangkau konsumen yang lebih luas, hingga meningkatkan daya saing penjualan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan Tujuan memberikan pemahaman serta keterampilan bagi UMKM dalam memasarkan produknya melalui online dengan menggunakan e-commerce. Kegiatan ini dilakukan dengan Metode pemberian informasi, penyampaian pendapat atau demonstrasi dan praktek secara langsung dengan pendampingan pembuatan toko online. Pendampingan ini dimulai dengan memberikan informasi mengenai e-commerce, tata cara membuka toko online, menerima pesanan, hingga pengaturan keuangan melalui salah satu aplikasi marketplace. Beberapa Hasil sementara yang akan diperoleh dari kegiatan pengabdian ini antara lain: 1) Meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dalam memasarkan produk secara online 2) Meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dalam mengelola e-commerce 3) memotivasi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan penjualan dan pendapatan penjualan pada produk yang dipasarkan.
Copyrights © 2025