Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 8 No 1 (2025): Artikel Riset Januari 2025

Pengaruh Kualitas Pelayanan Tendik dan Kinerja Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang )

Rosadi, Imron (Unknown)
Kosasih, Kosasih (Unknown)
Nurhasanah, Nunung (Unknown)
Amirudin, Amirudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan tenaga kependidikan dan kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa di Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengambilan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 95 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS untuk uji validitas, reliabilitas, korelasi, serta analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan tenaga kependidikan berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai korelasi 0,574, yang termasuk dalam kategori korelasi cukup. Selain itu, kinerja dosen juga memiliki pengaruh positif yang signifikan dengan nilai korelasi 0,720, yang menunjukkan kategori korelasi kuat. Uji simultan atau uji F menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, dengan nilai Fhitung 31,297 yang lebih besar dari Ftabel 3,943 dan tingkat signifikansi (0,000 < 0,05) Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas layanan tenaga kependidikan dan kinerja dosen secara signifikan mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Oleh karena itu, disarankan kepada pengelola Fakultas Agama Islam untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan kinerja dosen guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan mahasiswa.

Copyrights © 2025