Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan kepuasan guru terhadap model “ROKKIE-ORIE” yang berbasis penyelidikan ilmiah dalam pengembangan profesionalisme guru mata pelajaran IPA di Makassar. Model ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru melalui pendekatan yang melibatkan refleksi, observasi, dan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan kuesioner yang disebarkan kepada guru IPA di beberapa sekolah di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru merasa puas dengan penerapan model ini, terutama dalam hal peningkatan keterampilan mengajar, pemahaman materi, serta kemampuan melakukan penelitian ilmiah yang mendukung pengajaran. Tanggapan positif juga terlihat pada peningkatan kolaborasi antar guru dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman. Meskipun demikian, beberapa tantangan terkait waktu dan sumber daya yang terbatas dalam implementasi model ini masih ditemukan. Secara keseluruhan, penelitian ini mengindikasikan bahwa model “ROKKIE-ORIE” efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru, dan tanggapan kepuasan guru menunjukkan potensi model ini untuk diterapkan lebih luas dalam pengembangan pendidikan di Makassar
Copyrights © 2024