Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Matematika
Vol. 1 No. 2 (2024): November

Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Program Linear ditinjau dari Gaya Belajar di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong

Hoirul Widad Billa (Unknown)
Hasan Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan program linear ditinjau dari gaya belajar di SMK Al-Faqih sumber nyamplong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi kelas, angket gaya belajar, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Subjek penelitiannya adalah 3 siswa kelas X SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong dengan masing-masing memiliki gaya belajar visual, auditori, kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah program linear diidentifikasi memenuhi dua indikator representasi matematis diantaranya visual berupa tabel dan gambar serta ekspresi matematis berupa membuat model matematis. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan masalah program linear diidentifikasi memenuhi dua indikator representasi matematis diantaranya visual berupa tabel dan gambar serta ekspresi matematis berupa membuat model matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah program linear diidentifikasi memenuhi dua indikator representasi matematis diantaranya visual berupa tabel dan gambar serta ekspresi matematis berupa membuat model matematis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edumathtec

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Matematika merupakan jurnal yang berfokus pada Pendidikan dan teknologi pada pembelajaran matematika yang diterbitkan oleh Magister Pendidikan Matematika Universitas Terbuka. Jurnal ini mempublikasikan hasil dari penelitian dan artikel ilmiah bidang ...