Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan program linear ditinjau dari gaya belajar di SMK Al-Faqih sumber nyamplong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi kelas, angket gaya belajar, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Subjek penelitiannya adalah 3 siswa kelas X SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong dengan masing-masing memiliki gaya belajar visual, auditori, kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah program linear diidentifikasi memenuhi dua indikator representasi matematis diantaranya visual berupa tabel dan gambar serta ekspresi matematis berupa membuat model matematis. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan masalah program linear diidentifikasi memenuhi dua indikator representasi matematis diantaranya visual berupa tabel dan gambar serta ekspresi matematis berupa membuat model matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah program linear diidentifikasi memenuhi dua indikator representasi matematis diantaranya visual berupa tabel dan gambar serta ekspresi matematis berupa membuat model matematis.
Copyrights © 2024