Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kualitas website yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan website perpustakaan perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Hasil kajian ini sangatlah penting guna mengetahui dan mengevaluasi tentang bagaimana merancang situs yang memudahkan pengguna. Untuk itu perlu di analisis dengan menggunakan model âThe 7Câs frameworkâ â, model ini mempunyai 7 model yaitu Context, Content, Community, Cuztomization, Communication, Connection, dan Commerce. Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu panduan bagi perpustakaan dalam melakukan pengembangan situs web yang telah dibangun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah struktur menu yang layak dan mudah di akses bagi pengunjung sesuai dengan 7Câs framework di atas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, objek penelitiannya adalah Situs web Perpustakaan UII (http://library.uii.ac.id) dengan website perguruan tinggi negeri di Yogyakarta antara lain situs web Perpustakaan UGM (http://lib.ugm.ac.id), situs web Perpustakaan UNY (http://library.uny.ac.id) situs web UIN Sunan Kalijaga (http://lib.uin-suka.ac.id) situs web Perpustakaan ISI (http://lib.isi.ac.id). Data di analisis menggunakan tabel 7Câs frameworks. untuk penelitian ini unsur perdagangan atau commerce akan di hilangkan yaitu pada checklist shopping experience, karena situs web perpustakaan tidak memiliki point shopping experience. Langkah selanjutnya adalah penentuan skor berdasarkan banyaknya âYESâ dan âNOâ. Jika suatu situs menghasilkan dua pertiga atau lebih âYESâ artinya situs tersebut termasuk baik sekali; jika menghasilkan sepertiga sampai dua pertiga artinya situs tersebut termasuk rata-rata; dan jika situs tersebut menghasilkan kurang dari sepertiga artinya ada indikasi masalah pada situs tersebut.
Copyrights © 2014