Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 5 No 1 (2025): DE_Journal

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA KELAS VIII

Pasaribu, Rani Enzelyna (Unknown)
Gultom, Candra Ronitua (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain post-test only control group. Sampel penelitian terdiri atas 65 siswa yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen (34 siswa) dan kelompok kontrol (31 siswa). Pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis teks drama yang dinilai berdasarkan rubrik penilaian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi (rata-rata nilai 85,74) dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional (rata-rata nilai 71,58). Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima. Temuan ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks drama siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran menulis teks drama guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...