Mata kuliah Kalkulus I merupakan mata kuliah yang perlu dikuasai oleh mahasiswa karena mata kuliah ini menjadi dasar untuk mempelajari mata kuliah lain seperti statistika matematika dan analisa riil. Namun, tidak semua mahasiswa dapat lulus dalam mata kuliah ini. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan perkuliahan Kalkulus I, penelitian ini berfokus pada analisis kesulitan mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus I. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek terdiri dari 21 mahasiswa pendidikan matematika yang mengikuti kuliah semester antara. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuisioner terbuka dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan mahasiswa pada mata kuliah ini berasal dari faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal meliputi kesulitan dalam materi dan soal, yaitu kesulitan menetukan teorema dan bukti yang digunakan saat menyelesaikan soal serta kurang banyaknya variasi soal yang dibahas di kelas. Adapun faktor internal berasal dari mahasiswa sendiri, yaitu kurang banyaknya melakukan latihan soal dan kurangnya aktivitas mahasiswa dalam mereview kembali materi yang sudah diberikan.
Copyrights © 2024