Pojok baca menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkan minat baca di kalangan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan yang terkait dengan pelaksanaan pojok baca di MTS Negeri 3 Tanjung Jabung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peluang penyelenggaraan pojok baca antara lain: (1) dukungan kepala sekolah, (2) minat baca siswa yang tinggi, dan (3) ketersediaan sumber daya manusia. Sementara itu, tantangan yang dihadapi meliputi: (1) keterbatasan dana, (2) kurangnya fasilitas dan koleksi buku, serta (3) rendahnya kesadaran siswa tentang pentingnya membaca. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan dukungan dari berbagai pihak dan melakukan sosialisasi tentang manfaat membaca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024