Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan strategi PERI (Pengenalan Diri) terhadap keterampilan peserta didik dalam mengungkapkan dirinya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pada penelitian ini menggunakan teknik angket, wawancara, dan observasi yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik SMP. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menujukkan bahwa strategi PERI (Pengenalan Diri) dapat membantu peserta didik untuk mengungkapkan dirinya secara terbuka, sehingga memiliki konsep diri dan harga diri yang kuat. Keberhasilan peserta didik dalam mengungkapkan dirinya secara terbuka berpengaruh terhadap rasa percaya diri dan empati peserta didik. Selain itu, peserta didik dapat menyampaikan dan memahami tuturan dengan baik saat pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah peserta didik dapat membawa aspek diri dari daerah tersembunyi menuju ke daerah publik. Begitu pun aspek diri pada daerah buta manjadi berada di daerah publik, setelah adanya umpan balik dari teman. Dengan begitu, daerah publik pada peserta didik menjadi lebih luas, sehingga peserta didik bisa mengungkapkan dirinya dengan terbuka. Keterbukaan ini dapat mempererat hubungan sosial antar peserta didik.
Copyrights © 2024