Dhana
Vol. 1 No. 2 (2024): DHANA-JUNE

Percaya Diri Memoderasi Pengaruh Dasar Akuntansi, Hasil Belajar Matematika, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi

Tri Chandra Anggraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan akuntasi hasil belajar matematika dan perilaku belajar terhadap Tingkat pemahaman akuntansi secara parsial dan kepercayaan diri dapat memoderasi hubungan antara kemampuan dasar akuntansi, hasil belajar matematika dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi. Responden penelitian ini berjumlah 105 siswa akuntansi kelas X dengan Teknik analisis data menggunakan software warpPLS 6.0 dengan hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada hubungan kemampuan dasar akuntansi dan perilaku belajar dengan tingkat pemahaman akuntansi secara parsial (2) terdapat pengaruh antara hasil belajar siswa matematika dengan pemahaman tentang akuntansi (3) kepercayaan diri bukan merupakan variabel moderasi antara kemampuan dasar akuntansi, hasil belajar dari matematika, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara parsial. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan aspek lain yang berkaitan dengan pemahaman akuntansi selain yang digunakan dalam penelitian ini dan dapat mengembangkan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JD

Publisher

Subject

Other

Description

Journal of Dhana (JD) is a peer-reviewed open access international journal established for the dissemination of cutting-edge knowledge in the field of accounting science. All submitted manuscripts will be reviewed by the editors and then evaluated by a minimum of two Reviewers through a double-blind ...