Abstrak: Anak-anak merupakan aset masa depan suatu bangsa. Oleh karena itu, setiap anak berhak mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Perundungan (bullying) yang terjadi di sekolah dapat menyebabkan anak-anak merasa tidak nyaman, merasa takut, dan kehilangan rasa kepercayaan diri, dan dapat berdampak pada kesehatan mental siswa. Oleh karena itu, diperlukan inisiatif untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengenali dan menangani perilaku perundungan, serta membina lingkungan sekolah yang mendukung dan saling menghormati yang kondusif untuk belajar dan kesejahteraan. Menyadari perlu upaya ini maka tim pengabdian telah mengadakan kegiatan edukasi yang menargetkan siswa kelas 5 SD Negeri 3 Tangkil, Kabupaten Sragen. Kegiatan yang dilaksanakan pada minggu kedua bulan Januari 2024 secara khusus berfokus pada peningkatan kesadaran tentang perundungan dan dampak buruknya. Kegiatan ini melibatkan sesi penyuluhan tatap muka yang dilakukan di dalam kelas. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang perundungan dan risiko yang ditimbulkannya. Keberhasilan ini ditandai dengan adanya kenaikan skor rata-rata pada post-test sebesar 3,58 yang diambil di akhir kegiatan.   Abstract: Children are the valuable assets of a nation's future. Therefore, every child deserves protection from violence and discrimination. Bullying that occurs in schools can cause children to feel uncomfortable, feel fear, and lose self-confidence, and can have an impact on students' mental health. Therefore, initiatives are needed to equip students with the knowledge and skills to recognize and deal with bullying behavior, as well as foster a supportive and respectful school environment that is conducive to learning and well-being. Recognizing the need for this effort, the service team has held educational activities targeting 5th grade students of SD Negeri 3 Tangkil, Sragen Regency. The activities carried out in the second week of January 2024 specifically focused on raising awareness about bullying and its adverse effects. The activity involved face-to-face counseling sessions conducted in the classroom. This activity was successful in increasing students' understanding of bullying and the risks it poses. This success was marked by an increase in the average score on the post-test of 3.58 taken at the end of the activity.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024