Pada awalnya, fungsi hotel hanyalah sebagai tempat penginapan sementara bagi wisatawan, namun seiring berkembangnya zaman, fungsi hotel terus berkembang menyesuaikan kebutuhan konsumen, industri pariwisata, ekonomi, serta kemajuan teknologi. Dalam penelitian ini, tipe penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah exploratory research. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara pendahuluan dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dan insidental sampling serta menggunakan skala Likert dalam mengukur jawaban dari responden.Penulis menggunakan metode desain penelitian (research design) dengan penggabungan riset eksploratori (exploratory research) dan riset deskriptif (descriptive research), dan menggunakan skala Likert dalam mengukur jawaban dari responden yang bertujuan untuk mengetahui dari masing-masing faktor (Harga, Lokasi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Reputasi Merek) seberapa pengaruhnya terhadap Keputusan Konsumen untuk menginap di Grup Hotel Ibis. Kata Kunci: Konsumen, Hotel, Kepuasan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025