Pendidikan abad ke-21 ditandai pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang bertujuan untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi tantangan di masa depan. Teknologi dapat diterapkan dalam penyusunan sumber belajar flipbook yang dapat diakses melalui media elektronik. Literasi sains merupakan kemampuan mengaitkan isu yang berhubungan dengan sains serta pengaplikasiannya. Pendekatan yang dapat melatih literasi sains antara lain CTL yang menekankan siswa aktif dalam menemukan konsep dan menghubungkannya pada kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan flipbook berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi Sistem Ekskresi Manusia untuk melatihkan keterampilan literasi sains siswa kelas XI yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate). Validitas flipbook ditentukan berdasarkan komponen isi, penyajian, dan kebahasaan. Kepraktisan flipbook ditentukan berdasarkan respons siswa. Keefektifan flipbook ditentukan berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan flipbook. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian, flipbook memperoleh rata-rata skor 3,97, respons positif siswa sebesar 99,03%, serta ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan flipbook berbasis CTL pada materi Sistem Ekskresi Manusia untuk melatihkan keterampilan literasi sains siswa kelas XI yang layak, berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025