STEM In Biology Learning (SIBL) merupakan penelitian tentang STEM pada pembelajaran biologi yang diambil dari publikasi di jurnal Scopus pada rentang tahun 2013-2023. Tujuan penelitian adalah memberikan gambaran umum tentang literatur penelitian STEM dalam pembelajaran biologi untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan analisis bibliometrik dari sejumlah artikel yang digali dari web Scopus dengan kata kunci “STEM in Biology Learning” sehingga diperoleh n = 1.253 dokumen yang kemudian difilter menjadi n=82 dokumen. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik menggunakan software Biblioshiny dan VOSviewer dengan analisis Co-Author, Co-Occurrence, Citation, dan Co-Word. Berdasarkan analisis bibliometrik, hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian SIBL pada rentang tahun 2013-2023 adalah “Biology”, “Human”, dan “Students”. “Biology” menjadi tren topik dengan frekuensi 8 di kuartil 1 pada tahun 2016, kuartil menengah pada tahun 2020, dan kuartil 3 pada tahun 2021. “Human” menjadi tren topik kedua dengan frekuensi 8 di kuartil 1 pada tahun 2020, kuartil menengah pada tahun 2021, dan kuartil 3 pada tahun 2022. Sedangkan, “Students” menjadi tren topik ketiga dengan frekuensi 8 di kuartil 1 pada tahun 2019, kuartil menengah pada tahun 2022, dan kuartil 3 pada tahun 2023. Namun, kata kunci atau topik utama pada SIBL seperti “STEM” tidak muncul sebagai tren penelitian pada publikasi 10 tahun terakhir. Simpulannya adalah pendekatan STEM dalam pendidikan diakui secara luas dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, terutama dalam mata pelajaran sains seperti biologi. Namun, meskipun pendekatan ini semakin populer, masih terdapat gap penelitian dalam pembelajaran biologi sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut di berbagai tingkatan pendidikan.
Copyrights © 2025