Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol. 14 No. 1 (2025)

Pengembangan Media Flashcard dengan Model Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Sub Materi Struktur dan Fungsi Sel

Saputri, Anggieta Wahyu (Unknown)
Lisdiana, Lisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Abstrak Salah satu tuntutan Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka pada fase F adalah peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan struktur sel. Namun, dalam praktiknya siswa masih mengalami kesulitan sehingga membuat pemahaman konsep siswa akan materi tersebut masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa flashcard dengan model Two Stay Two Stray (TSTS) pada sub materi struktur serta fungsi sel guna meningkatkan pemahaman konsep siswa serta untuk mengetahui kelayakan dari flashcard tersebut ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE. Pada pengambilan data, peneliti menggunakan beberapa metode, seperti observasi, validasi, angket respon siswa, serta tes. Uji coba dilaksanakan pada 32 orang siswa kelas XI-9 SMAS Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan validitas flashcard dengan kategori sangat valid berdasarkan hasil penilaian dari para ahli. Validasi dilakukan dengan meninjau aspek tampilan, isi, dan kebahasaan yang memperoleh persentase hasil sebesar 95%. Kepraktisan flashcard berdasarkan respon positif siswa menunjukkan persentase 96% dengan kategori sangat praktis. Adapun hasil observasi keterlaksanaan media yang dilakukan oleh para pengamat menunjukkan hasil persentase sebesar 100%. Efektivitas flashcard yang ditinjau berdasarkan peningkatan hasil pre-test serta post-test siswa menunjukkan hasil perhitungan n-gain sebesar 0,74 yang tergolong dalam kategori tinggi. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa flashcard dengan model TSTS pada sub materi struktur dan fungsi sel valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan sebagai alternatif media pembelajaran. Kata Kunci: Flashcard, two stay two stray, pemahaman konsep, struktur dan fungsi sel Abstract One of the demands for Learning Outcomes in the Merdeka Curriculum in phase F is that students can describe cell structures. However, in practice, students still encounter difficulties, so that students' conceptual understanding of the material is still lacking. This research aims to produce learning media in the form of flashcards Two Stay Two Stray (TSTS) models on the sub-material of cell structure and function to increase students' understanding of concepts and determine the feasibility of these flashcards in terms of their validity, practicality, and effectiveness. This research uses the ADDIE development model. In collecting data, the researcher used observation, validation, student response questionnaires, and tests. The trial was carried out on 32 students in class XI-9 of SMAS Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. The results show the validity of flashcards with a very valid category. Validation was carried out by reviewing aspects of appearance, content, and language, resulting in percentage of 95%. The practicality of flashcards based on positive student responses shows a rate of 96% in the very practical category. The results of media implementation carried out by observers showed a percentage result of 100%. The effectiveness of flashcards, which were reviewed based on the increase in students' pre-test and post-test results, showed an n-gain calculation result of 0.74, which was classified as high. In this way, it can be concluded that flashcards with the TSTS models in the cell structure and function sub-material are valid, practical, and effective for use as an alternative learning media. Keywords: Flashcard, two stay two stray, understanding of concept, cell structure and function

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...