Perkembangan teknologi dan internet telah meningkatkan popularitas game online yang diiringi dengan kecanduan bermain game, yang diakui sebagai gangguan kesehatan mental oleh WHO. Dengan lebih dari 3,2 miliar pemain global, tantangan ini memerlukan perhatian serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem rekomendasi yang dapat mengenali pola bermain game yang tidak sehat dan memberikan alternatif untuk mencegah dampak negatif dari kecanduan. Metode penelitian menggunakan pendekatan data-driven dengan mengumpulkan data sekunder dari survei online, forum diskusi, dan publikasi ilmiah. Analisis dilakukan terhadap pola perilaku kecanduan bermain game berdasarkan data yang tersedia. Penelitian mengidentifikasi variasi intensitas bermain game di kalangan 31 responden. Responden dengan skor tinggi menunjukkan risiko kecanduan signifikan, sementara kelompok dengan skor rendah menunjukkan kontrol yang lebih baik terhadap waktu bermain. Temuan menunjukkan perlunya sistem rekomendasi yang dapat mendeteksi kecanduan dan memberikan saran untuk mengatur waktu bermain. Sistem ini diharapkan dapat mendukung kesehatan mental pengguna tanpa mengurangi pengalaman bermain mereka, serta memberikan kontribusi positif terhadap manajemen waktu dan perilaku bermain game yang lebih sehat.
Copyrights © 2025