Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 19, No. 1 : Al Qalam (Januari 2025)

Pembelajaran IPA Berbasis Al-Quran (Studi Kasus di MAN 3 Jakarta Pusat)

Nurlaela, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Dalam dunia pendidikan seringkali ditemukan adanya pemisahan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan, padahal Agama dapat berfungsi untuk mengatur kehidupan. Pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Al-Quran dapat membantu mengintegrasikan nilai-nilai Agama dengan ilmu pengetahuan ilmiah. Pembelajaran IPA berbasis Al-Quran tidak hanya focus pada transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga dapat membentuk karakter religious siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana karakteristik Pembelajaran Sain/IPA di Madrasah Aliyah pada kurikulum yang dikaitkan  dengan Kawniyah  dalam Al-Qur’an dan menganalisis formulasi sain IPA di Madrasah Aliyah sehingga terintegrasi secara tematis dengan Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan karakteristik pembelajaran IPA berbasis Al-Quran di MAN 3 Jakarta Pusat yaitu diskusi, praktikum dan memasukan pembelajaran IPA dengan Al-Quran. Tema pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan ayat kauniyah diantaranya penciptaan alam semsta, fotosintesis, sikluas air, dan struktur bumi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...