Dalam dunia pendidikan seringkali ditemukan adanya pemisahan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan, padahal Agama dapat berfungsi untuk mengatur kehidupan. Pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Al-Quran dapat membantu mengintegrasikan nilai-nilai Agama dengan ilmu pengetahuan ilmiah. Pembelajaran IPA berbasis Al-Quran tidak hanya focus pada transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga dapat membentuk karakter religious siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana karakteristik Pembelajaran Sain/IPA di Madrasah Aliyah pada kurikulum yang dikaitkan dengan Kawniyah dalam Al-Qur’an dan menganalisis formulasi sain IPA di Madrasah Aliyah sehingga terintegrasi secara tematis dengan Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan karakteristik pembelajaran IPA berbasis Al-Quran di MAN 3 Jakarta Pusat yaitu diskusi, praktikum dan memasukan pembelajaran IPA dengan Al-Quran. Tema pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan ayat kauniyah diantaranya penciptaan alam semsta, fotosintesis, sikluas air, dan struktur bumi.
Copyrights © 2025