Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran sifat-sifat cahaya ditemukan beberapa masalah diantaranya kurangnya pengeksplorasian media pembelajaran, siswa kurang aktif, pembelajaran terpusat pada guru, dan hasil tes pemahaman siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa memahami berbagai sifat cahaya dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis dan Taggart dan diklasifikasikan sebagai penelitian tindakan kelas (PTK). Siswa kelas V SD menjadi subjek penelitian. Temuan penelitian ini dengan menggunakan tes pemahaman mengenai berbagai sifat dari cahaya, siswa yang lulus dari data awal hanya 38% dari jumlah yang ada. Pada siklus I mengalami kenaikan 59% dari jumlah yang ada, pada siklus II mengalami kenaikan 80% dari jumlah yang ada, dan pada siklus III mengalami kenaikan lagi 96% dari jumlah yang ada. Sementara itu, berdasarkan hasil eksperimen melalui performance test, pada siklus I persentase yang melakukan eksperimen dengan baik adalah 60%, pada siklus II 85%, dan pada siklus III 100%. Dengan melihat hasil dari penelitian tindakan kelas, guru dapat memasukkan pendekatan eksperimen ke dalam pembelajaran sehari-hari, terutama ketika mengajarkan sifat-sifat dari cahaya.
Copyrights © 2025