Keputusan Pembelian konsumen adalah hasil dari strategi pemasaran yang berpengaruh dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dimensi promosi terhadap keputusan pembelian konsumen membeli produk umkm di Batik Enza Surakarta. Dimensi Promosi disini berfokus pada beberapa bentuk promosi yaitu promosi digital, word of mouth, dan promosi penjualan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Convenience Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan saja, anggota populasi yang ditemui peneliti dan bersedia menjadi responden dijadikan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian uji secara parsial menunjukkan bahwa Promosi Digital berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Promosi Penjualan berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan uji simultan menunjukkan bahwa Promosi Digital (X1), Word of Mouth (X2), dan Promosi Penjualan (X3) secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan penelitian ini, diperoleh nilai Adjusted R Square pada variabel Promosi Digital, Word of Mouth, dan Promosi Penjualan mampu mepengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 61,7% dan sisanya sebesar 38,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Misalnya kualitas produk, lokasi yang strategis, kualitas pelayanan, dan lain-lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.
Copyrights © 2024