Mata pelajaran Fisika merupakan mata pelajaran yang kurang diminati siswa sekolah menengah karena identik dengan rumus-rumus yang sulit. Penggunaan alat peraga pendidikan dapat membantu siswa untuk memahami konsep suatu materi pelajaran dengan lebih baik. Sayangnya, tidak semua sekolah memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, termasuk ketersediaan alat peraga. Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan alat peraga RemLab SP1 dan mengevaluasi dampak penggunaan alat ini dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kelistrikan, khususnya rangkaian listrik. Peserta kegiatan pengabdian adalah guru Fisika dan 23 orang siswa kelas XII MA Muhammadiyah 1 Kota Malang. Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi, pemaparan penggunaan alat peraga, dan praktik penggunaan alat RemLab SP1 oleh siswa dan guru. Berdasarkan kuesioner kegiatan yang diisi oleh siswa, diketahui bahwa terjadi perubahan tingkat pemahaman siswa terhadap materi kelistrikan yang lebih baik setelah menggunakan alat RemLab SP1. Selain itu, kemampuan siswa dalam mengukur hambatan, tegangan, dan menghitung hambatan pengganti pada rangkaian seri, paralel, dan kombinasi juga menjadi lebih baik. Dari kegiatan ini juga diketahui bahwa penggunaan kombinasi berbagai metode pembelajaran lebih disukai oleh siswa, yang meliputi metode ceramah klasikal, dan demo dengan alat peraga maupun dengan virtual lab.
Copyrights © 2025