Pelayanan dan pengelolaan informasi pada percetakan CV. Jastra card sejauh ini masih menggunakan cara konvensional untuk mempromosikan percetakan undangan pelanggan datang ke percetakan untuk melihat undangan yang tersedia. Promosi konvensional tersebut menghadapi beberapa tantangan, seperti halnya biaya yang tinggi, terbatasnya jangkauan, serta perkembangan tren digital. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan penetrasi internet, banyak orang beralih ke media digital untuk mencari informasi dan produk. Promosi konvensional kurang efektif dalam menjangkau target pasar yang lebih muda atau lebih terhubung secara digital. Untuk mengatasi permasalahan ini, bisnis undangan dapat mempertimbangkan strategi promosi yang lebih terarah dan efektif. Beberapa contoh strategi yang bisa diterapkan adalah memanfaatkan pemasaran digital, beriklan secara online melalui suatu platform yang interaktif, seperti halnya teknologi augmented reality. Penelitian ini bertujuan membangun Aplikasi Augmanted reality berbasis mobile menggunakan metode markerless sebagai media promosi, mempermudah pelanggan, menghemat waktu dan biaya. Sistem dibangun menggunakan metode pengembangan waterfall dengan memanfaatkan beberapa perangkat lunak tambahan, yakni Unity 3D, Sketchup dan Blender. Kelayakan sistem berhasil memperoleh penilaian dengan predikat Sangat Baik yang merupakan representasi dari Skala Likert dari pengujian ISO 25010 yang mencakup aspek functional suitability mencapai 100% dan aspek usability mencapai 91.2%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025